Ponpes Thawalib Gunung Padang Panjang Miliki Gedung Workshop Menjahit

Posted By: Thawalib Gunung on: 17 Maret 2019

PADANG PANJANG - Pondok Pesantren Thawalib Gunung kini memiliki Gedung Workshop Menjahit Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Thawalib Gunung yang merupakan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Tahun 2019.

Gedung tersebut diresmikan oleh Anggota DPR RI Komisi lX dr. Suir Syam, MMR bersama Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA, Datuak Paduko Malano, Selasa, (17/3).

Di 2019 Kemenaker telah mengucurkan anggaran untuk 1000 BLK Komunitas se Indonesia, berbagai keahlian. 127 Diantaranya untuk garmen dan menjahit. Thawalib Gunung merupakan 1 diantara 127 Komunitas BLK dibidang garmen dan menjahit yang mendapat bantuan itu.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan apresiasi kepada anggota DPR RI Suir Syam dan BLK Padang yang medorong lahirnya BLK Komunitas Thawalib Gunung bidang garmen dan menjahit.

Lebih lanjut, keberadaan Workshop Menjahit itu tentu akan menambah keahlian dari para santri. Pelatihan BLK diharapkan juga dapat menghasilkan para profesional

"Generasi saat ini dituntut memiliki multi dimension skill. Tidak satu keahlian saja tap berbagai keahlian," ungkap Wako.

Anggota DPR RI Syuir Syam mengajak para pelajar untuk memiliki keahlian yang bisa dipergunakan untuk berwirausaha dan tidak hanya bercita cita sebagai PNS.

" Diharapkan santri santri ini nantinya memiliki keahlian. pelajari dan ikutilah pelatihan menjahit ini, sehingga tamat kita bisa buka usaha, bisa menerima karyawan," ungkapnya

Santri santri tersebut, kata Suir Syam diharapkan menjadi motor penggerak, menciptakan peluang kerja, menjadi pribadi yang optimis dan memiliki daya saing.

Kepala UPTD BLK Padang Disnakertrans Sumbar yang diwakili Afridamon. J, S.Pd, M.M mengatakan Sumatera Barat mendapat 9 paket bantuan dari Kemenaker tahun 2019. " Di Sumatera Barat ada 9 paket untuk 9 unit BLK Komunitas, untuk Padang Panjang merupakan paket terakhir, di 2019 lalu, Ungkapnya.

Kepala Pondok Pesantren Thawalib Gunung Ustadz Muhammad Mahfuz Mustia, Lc menyampaikan apresiasi kepada Anggota DPR RI Suir Syam yang telah mengupayakan alokasi bantuan BLK tersebut. Tidak hanya bangunan tapi juga perlengkapan menjahit. "Ada sekitar 1 milyar untuk bantuan di Thawalib Gunung ini," pungkasnya. (BM/Hms-Sumbar)